Selasa, 06 Desember 2011

Mengatasi Kelainan Kulit


Cara terbaik adalah membawa si kecil ke dokter sesegera mungkin bila ia diduga terkena eksim agar memperoleh pengobatan yang tepat. Di samping itu, tak ada salahnya Anda melakukan perawatan sendiri di rumah untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan sakit yang ditimbulkan berbagai kelainan kulit tersebut: 

* Ganti Popok Segera 

Ruam kulit bisa timbul karena popok yang basah. Segeralah mengganti popok bayi jika ia ngompol. Kalau si kecil menggunakan diapers, jangan lupa untuk sering memeriksanya. Jangan sampai membiarkan genangan air seni atau tinja di dalam diapers. Sebaiknya ganti diapers 3-4 jam sekali. Kecuali jika ia buang air besar, harus langsung diganti. 


* Kulit Kering
 
Usahakan kulit si bayi dalam keadaan kering. Jika ia baru ngompol, segera basuh dengan air menggunakan waslap. Keringkan dengan kain yang lembut atau dengan cara menepuk-nepuknya. Bila perlu olesi salep kulit atau krim di daerah lipatan leher, ketiak, lipatan paha, dan pantat. Anda tak perlu menambahkan bedak karena hanya akan membuat penumpukan kotoran saja.
Salep kulit/krim ini bisa mengurangi rasa gatal dan merah-merah yang timbul. Sebaiknya Anda membeli berdasarkan resep dokter. 

* Sabun Khusus
 
Gunakan sabun khusus yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Hindari pemakaian sabun pada daerah yang terkena peradangan. 

* Popok Longgar 

Jangan mengikat popok terlalu kuat. Hindari juga penggunaan popok/celana yang terbuat dari plastik, karet, wol, nilon, atau bahan lain yang tidak menyerap cairan. 

* Terkena Udara 

Sesekali biarkan daerah alat kelaminnya terkena udara bebas. Untuk beberapa saat lamanya (biasanya setelah mandi) biarkan si kecil tanpa celana. 

* Alergi Makanan 

Jika dokter menduga eksim ini karena alergi pada makanan, sebaiknya hindari makanan yang diduga menyebabkan timbulnya eksim. Kecuali itu, hindari stres pada anak. 

* Kuku 

Guntinglah kuku si kecil dan jagalah kebersihannya. Ini dimaksudkan agar tidak menambah parah sakitnya. Karena rasa gatal, akan membuat si kecil menggaruknya dengan keras.

* Kebersihan Lingkungan 

Jagalah kebersihan lingkungan bermain si kecil agar ia tidak terinfeksi oleh kuman, bakteri, atau lainnya. 





Diperoleh dari berbagai sumber


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar