Minggu, 06 November 2011

Zat Gizi Yang Diperlukan Untuk Pertumbuhan Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat, Untuk itu harus selalu diperhatikan asupan makanan yang diberikan pada anak. Kecukupan gizi harus selalu terpenuhi dalam menu sehari-hari sikecil. 

Zat-zat gizi yang harus tersedia adalah: 


Karbohidrat
Karbohidrat termasuk sumber energi yang penting, di sampingprotein dan lemak. Terdiri atas karbohidrat sederhana (gula) dan karbohidratkompleks (beras, jagung, kentang, tepung beras, havermut). Setiap gramkarbohidrat memberikan energi 4 kkal. Dianjurkan supaya jumlah energi yangdiperoleh 50-60 persen dari karbohidrat.
Protein
Merupakan zat gizi utama agar anak tumbuh normal. Protein terdapatpada sumber hewani seperti daging, ikan, susu, ayam, keju, hati, telur, dankeju. Juga terdapat pada sumber nabati, seperti tahu, tempe, kacang-kacangan.Kebutuhan protein akan berkurang sesuai pertambahan umur. Dianjurkan energiyang diperoleh sebanyak 10-15 persen dari protein.
Lemak
Sebagai zat pembangun, lemak memegang peranan penting. Jumlahenergi yang diperlukan idealnya diperoleh dari lemak sebesar 25-35 persen. ASIadalah makanan bayi yang mengandung komposisi asam lemak terbaik antara lainasam amino, omega 3, yang dibutuhkan untuk perkembangan kecerdasan.
Vitamin
Vitamin dan mineral esensial merupakan zat gizi yang penting bagipertumbuhan dan kesehatan. Vitamin A: susu, telur, ikan, tomat, wortel, labu,bayam. Vitamin B: roti, susu, daging, tempe. Vitamin C: buah-buahan dansayuran. Vitamin D: susu, telur, minyak ikan. Vitamin E: serelia, minyaktumbuh-tumbuhan.
Mineral
Berguna untuk mempertahankan jaringan serta mengatur keseimbangancairan dalam tubuh. Yang harus terpenuhi dengan baik adalah kalsium dan fosfor.Fosfor bisa diperoleh dari ASI, daging, ikan, hati, sedangkan kalsium diperolehdari ASI atau susu sapi. 


Diperoleh dari berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar