Senin, 26 Desember 2011

Agar Bebas Dari Serangan Epilepsi


Anda bisa membantu si kecil menghindari serangan epilepsi, dengan catatan tanpa harus membuatnya tertekan. Misalnya dengan cara melarangnya bermain. 
Sebagai orang tua lakukanlah hal-hal sebagai berikut: 

* Konsultasi
Ajak si kecil berkonsultasi secara rutin dan teratur ke dokter. Lebih baik Anda mengkonsultasikannya dengan dokter syaraf anak. 


* Obat-obatan
Berikan obat anti-epilepsi dengan dosis yang tepat pada waktu yang sudah ditentukan (sesuai dengan petunjuk dokter). Bila Anda lupa, jangan sekali-kali menggandakan/menambah dosis pada pemberian berikutnya. Hal tersebut bisa menimbulkan kejang-kejang. 

* Gizi
Si kecil harus memperoleh gizi terbaik dan seimbang. Perlu diketahui, kadar gula darah yang rendah dan vitamin yang kurang mencukupi bisa mengakibatkan serangan epilepsi. 

* Atasi Demam
Segera atasi jika si kecil panas. Jangan sampai suhu tubuh yang tinggi mengakibatkan kejang-kejang kembali. Anda bisa mengatasi sendiri di rumah dengan memberinya obat penurun panas (resep dokter) dan mengompresnya dengan air dingin. Tapi bila suhu tubuh tak kunjung turun, sebaiknya segera ke dokter. 

* Biarkan Bermain
Melarang bermain bukanlah tindakan tepat. Biarkan si kecil hidup dalam dunia anak-anak yang ceria. Hanya saja perlu ada pengawasan dari orang tua atau pengasuhnya agar ia tidak terlalu lelah. 

* Hindari Pemicu
Anda tahu serangan epilepsi datang lantaran ada pemicunya, seperti kilatan lampu atau pernapasan yang terlalu cepat. Hindari si kecil dari pemicu-pemicu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar