Senin, 19 Agustus 2013

6 Hal Tak Terduga Ini Bisa Picu Timbulnya Serangan Jantung

Serangan jantung bisa datang kapan saja bagi yang memiliki faktor risiko, namun para peneliti kini mengungkapkan beberapa hal lain yang tanpa disadari dan tak terduga nyatanya bisa memicu timbulnya serangan jantung.

Berikut 6 hal tak terduga yang bisa memicu timbulnya serangan jantung, seperti dilansir Prevention, Senin (19/8/2013).



1. Bahan kimia anti-lengket

Bahan kimia anti-lengket memang dirasakan membuat segala proses memasak menjadi lebih mudah. Namun nyatanya dalam sisi kesehatan bahan ini justru sebaliknya. Sebelumnya pemakaian bahan anti-lengket ini dikaitkan dengan infertilitas, kolesterol tinggi, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Namun sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan adanya hubungan antara bahan kimia asam perfluorooctanoic (PFOA) dan penyakit jantung. Tanpa memandang usia, berat badan tubuh, adanya diabetes atau penyakit lain, peneliti menemukan bahwa orang dengan kadar PFOA tinggi dalam darahnya 2 kali lebih berisiko memiliki penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang kadar PFOA-nya rendah.

2. Perubahan iklim

Perubahan iklim memberikan dampak buruk pada kesehatan, salah satunya serangan jantung. Panas yang berlebihan mengarah pada pembentukan partikel kecil di udara tercemar, yang dikenal sebagai PM2.5. Partikel-partikel tersebut nantinya akan masuk dan bersarang di dalam paru-paru. Ukurannya yang begitu kecil membuat partikel ini bisa menghindari pertahanan sistem kekebalan alami tubuh dan bermigrasi ke dalam aliran darah. Padahal aliran darah yang terhambat bisa membentuk plak dan menyumbat arteri, yang merupakan pemicu serangan jantung dan stroke.

3. Sabun anti-bakteri

Triclosan yang merupakan bahan kimia sabun anti-bakteri dan pasta gigi merupakan salah satu penyebab munculnya risiko penyakit tiroid. Penelitian terbaru menunjukkan bahan ini juga nyatanya dapat merusak jantung dan jaringan otot. Sebisa mungkin, sebaiknya minimalisasikan penggunaan sabun yang mengandung triclosan.

4. Makanan kalengan

Sodium nyatanya bukan satu-satunya bahan berbahaya yang terdapat dalam makanan kalengan. Bahan lainnya yaitu bisphenol A atau BPA, merupakan pengganggu hormon terkait kanker payudara, masalah kemarahan atau agresif pada anak perempuan, obesitas, dan infertilitas.

Kini sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE mengungkapkan bahwa dosis kecil BPA dapat menyebabkan aritmia jantung dan kematian jantung mendadak. Untuk menghindarinya, batasi makanan kaleng dan usahakan lebih memilih bahan makanan segar atau beku.

5. Kemacetan

Para ilmuwan telah menemukan hubungan antara polusi udara, kemacetan lalu lintas, dan serangan jantung risiko. Peneliti dari Jerman menemukan bahwa mereka yang terjebak dalam lalu lintas, baik sebagai sopir maupun penumpang, mengalami risiko 3,2 kali lebih tinggi untuk terkena serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak terjebak dalam kemacetan lalu lintas.

6. Beberapa seafood

Peneliti dari Syracuse University menunjukkan bahwa Anda harus memilih seafood lebih cermat. Sebab, mereka menemukan bahwa ikan yang terkontaminasi dengan tingkat merkuri yang tinggi dapat mengganggu respon tubuh terhadap stres dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Merkuri menimbulkan risiko ini dengan cara mengganggu kadar hormon kortisol alami tubuh.







diperoleh dari Detik Health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar