Selasa, 10 Januari 2012

Flu Burung


Penyebab flu burung adalah virus influensa tipe A yang menyebar antarunggas. Virus ini kemudian ternyata bisa menyebar ke spesies lain seperti babi,kucing, anjing, harimau, bahkan manusia.
Virus influensa tipe A memiliki beberapa subtipe yang ditandai adanyaHemagglutinin (H) dan Neuramidase (N). Ada 9 varian H dan 14 varian N. Virusflu burung yang sedang berjangkit saat ini adalah subtipe H5N1 yang memiliki waktu inkubasi selama 3-5 hari.


Manusia yang memiliki resiko tinggi tertular adalah anak-anak. Sebabnya,mereka memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah, pekerja peternakan unggas,penjual dan penjamah unggas, serta pemilik unggas peliharaan rumahan. Masainkubasi virus adalah 1-7 hari dimana setelah itu muncul gejala terkena fluburung.

Penyebab

Flu burung atau avian influenza (H5N1) adalah penyakit menular yangdisebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti burung dan mamalia.

Gejala

Timbulnyademam tinggi (> 38 derajat Celcius), sakit tenggorokan yang tiba-tiba,batuk, mengeluarkan ingus, nyeri otot, sakit kepala, lemas mendadak, timbulnyaradang paru-paru (pneumonia). Gejala tersebut mirip dengan gejala flu biasa.Jika tidak ditangani secara cepat dapat mengakibatkan kematian penderita.

 

Pengobatan

Penanganan flu burung dapat dilakukan dengan pengobatan atau pemberian obatflu seperti Tamiflu atau jenis lainnya dengan seijin dan sepengawasan dokteratau pihak rumah sakit yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan RI.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar